jump to navigation

Terima kasih (mas) Dwi Hartanto! 10 Oktober 2017

Posted by agfi68 in mindset.
Tags: , ,
trackback

Yogyakarta, 10 Oktober 2017

Heboh saat ini media massa menyoroti sosok Dwi Hartanto dengan segala tipu daya-nya (baca “Kronologi terbongkarnya kebohongan Dwi Hartanto ‘ahli dirgantara’“). Saya mengenal yang bersangkutan (DH) sekitar tahun 2009 dalam acara INSPIRE Workshop, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan lainnya terkait dunia satelit, khususnya di Indonesia. Begitu bangga-nya saya saat itu punya kolega yang masih berusia muda namun prestasinya sungguh memukau. Bahkan dalam banyak kesempatan saya dan DH banyak berdiskusi hal-hal terkait teknologi dan kemandirian Satelit Indonesia, sungguh itu salah satu yang membuat saya (khususnya) bersemangat dalam mengerjakan proyek dan penelitian satelit di Indonesia, mewakili UGM tentunya.

Sempat juga kami (saya dan senior saya bapak Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc.) menawari DH untuk menjadi dosen di Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi (ELINS), namun saat itu (sekitar awal 2016), DH masih pikir-pikir dulu karena, ngakunya, ditawari 2 perusahaan besar (Boeing dan satu lagi saya lupa) di Jerman sementara DH sendiri, ngakunya, beberapa bulan kedepan akan ujian disertasi. Bahkan kami tawarkan alternatif agar DH masuk dulu sebagai dosen ELINS dengan Ph.D-nya kemudian melakukan postdoc dan kerjasama dengan TU-Delft atau salah satu perusahaan yang dia sebutkan itu… namun lagi-lagi… “saya pikir2 dulu ya pak Agfi, pak Tri…”… Oke-lah kalo berubah pikiran atau sudah ada keputusan silahkan hubungi kami segera. Ahirnya beberapa bulan hingga akhir 2016 tiada kabar dan tiba-tiba saja sudah banyak media massa mengabarkan kehebatan, luar biasanya, dahsyat-nya DH dengan berbagai prestasi-nya… saya pun (terus terang) ikut senang, bangga dan berbinar-binar saat itu…

Sampai beberapa saat yang lalu, sebelum heboh di media sosial dan media massa, tiba-tiba saja ada masuk pesan WA dari kolega saya yang intinya ada CV dari DH yang perlu diklarifikasi oleh saya atas permintaan temen2 PPI TUDelft saat itu… Cukup kaget saya membaca CV tersebut, karena sudah terlihat kebohongan2 DH… namun saat itu saya tidak berpikir yang macem-macem terkait kebohongan DH, hanya sebatas CV tersebut, saya kecewa… apalagi kemudian selanjutnya saya mendapatkan WA terkait artikel “Surat Terbuka Tentang Ilmuwan Indonesia“… hmmm makin kecewa-lah saya…

Hingga kemudian BOOM! Terjadilah heboh pemberitaan terkait dengan kebohongan2 yang dilakukan DH… Wow! Baru kali ini saya kena tipu tingkat internasional? Hmm apakah saya menyesal mengenal DH? Oooo tentu saja tidak…

Justru SAYA BERTERIMA-KASIH DENGAN DWI HARTANTO! Dia salah satu yang ikut memberikan semangat kami di UGM untuk mengerjakan kemandirian satelit, yah… saat itu saya hanya berpikir, ini anak muda sudah hebat satelit-nya di TU Delft, mosok sih UGM gak bisa…

Status FB saya 10 Oktober 2017

Saya sebagai orang yang DH anggap sebagai ‘sensei’ (dosen, guru) tetap welcome kepada DH, masih berharap yang terbaik buat DH, karena pada dasarnya DH termasuk anak muda Indonesia yang potensinya luar biasa, bagaimana tidak, coba cek saja kenyataan berikut (sumber dan lengkapnya klik disini):

  1. Latar belakang S1 hingga S3 yang mengesankan;
  2. Mendapat beasiswa S2 dari Kemkominfo;
  3. Berkuliah di TU Delft;
  4. Aktif di Delft Aerospace Rocket Engineering (DARE); dan
  5. Bertemu Mantan Presiden B.J Habibie.

Saya tambahi, persis di status FB saya tersebut….

gara-gara DH, saya dan tim bersemangat mengerjakan penelitian terkait satelit di prodi elektronika dan instrumentasi, UGM, termasuk sudah menghasilkan doktor, master dan sarjana…
alhamdulillahirobbil’alamiin…

Agar tidak dikira hoax, berikut beberapa paper terkait satelit yang pernah kami publikasikan (sumber dan lengkapnya klik disini):

  • Putra, A.E. dan Priyambodo, T.K., 2012, Satelit Nano sebagai Wahana Penelitian dan Pendidikan Satelit Indonesia: Menuju Kemandirian Bangsa dalam Teknologi Satelit, Prosiding Indonesian Student Conference on Satellite (ISCoS) 2012, Jurusan Teknik Elektro, FTI, ITS – Surabaya;
  • Putra, A.E., Sumbodo, B.A.A., Atmaji, C. dan Agoestin, N.G., 2012, Indonesia Cansat Training Program, Proceeding of The 4rd Nano-Satellite Symposium, United Nations, University of Tokyo in cooperation with UNISEC;
  • Priyambodo, T.K., Putra, A.E., Asvial, M., Poetro, R.E., Hendrantoro, G., Pitowarno, E., Kuswadi, S. and Prabowo, G.S., 2011, IiNUSAT-1: The 1st Indonesian Inter-University Nano-Satellite for Research and Education, Proceeding – ICARES 2014: 2014 IEEE International Conference on Aerospace Electronics and Remote Sensing Technology pp. 114-120;
  • Putra, A.E., Sumbada, B.A.A., and Nurbaqin, A., 2017, Satellite Tracking Control System for UGM Ground Station based on TLE Calculation, Proceeding of IEEE Communication, Network and Satellites (COMNETSAT) 2016;
  • Haryono dan Putra. A.E., 2012, Desain Sistem Fault Tolerance berbasis FPGA untuk Satelit Mikro pada On Board Computer, Buku Pengembangan Satelit Mikro LAPAN: Sistem, Subsistem, dan Misi Operasi, PT. Penerbit IPB Press, Bogor (ISBN: 978-979-493-469-2);
  • Putra, A.E. dan Priyambodo, T.K., 2012, Satelit Nano sebagai Wahana Penelitian dan Pendidikan Satelit Indonesia: Menuju Kemandirian Bangsa dalam Teknologi Satelit, Prosiding Indonesian Student Conference on Satellite (ISCoS) 2012, Jurusan Teknik Elektro, FTI, ITS – Surabaya;
  • Putra, A.E., Atmaji, C., Sumbodo, B.A.A. dan Achmad, M.S., 2012, Purwarupa On-Board Data Handling (OBDH) berbasis Mikrokontroler LPC1769 untuk Satelit IiNUSAT-1, Prosiding 13th Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (SITIA 2012), ITS, Surabaya;
  • Nugroho, T., Putra, A.E. dan Sumbada, B.A.A, 2015, Electronic Power System untuk Satelit Nano, Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation (IJEIS) Vol. 4 No.2, Oktober 2014;
  • Haryono, Putra, A.E., Istiyanto, J.E., and Harjoko, A., 2013, Error Detection and Correction System (EDAC) of On Board Data Handling (OBDH) in Real Time Operating System Behaviour, Scientific Research Journal, Vol. 10., No.2, Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, ISSN: 1675-7009;
  • Haryono, Istiyanto, J.E., Harjoko, A., and Putra, A.E., 2014, Technical Implementation of Dual Mode Fault Tolerance, The Journal of Instrumentation, Automation and System, Volume 1 No. 1, UNSYS Digital, p10-17;
  • Haryono, Istiyanto, J.E., Harjoko, A., and Putra, A.E., 2014, Five Modular Redundancy with Mitigation Technique to Recover the Error Module, International Journal of advanced studies in Computer Science and Engineering IJASCSE, Volume 3, Issue 2, p15-20;

Alhamdulillahirobbil’alamin saya bisa mengenal DH, walau kecewa saya tetap dan masih berharap yang terbaik untuk DH, tentunya setelah mengakui kesalahan-kesalahan-nya, meminta maaf dan tidak akan lagi mengulang hal-hal yang memalukan tersebut…

Dalam perjalanan kehidupan ini, saya belajar agar selalu mengambil hal-hal positif dari sisi buruk kejadian maupun sisi buruk manusia… seiring untuk selalu menjaga diri melakukan hal-hal yang buruk…

Terima kasih sudah membaca artikel saya ini, semoga bermanfaat…

Komentar»

1. Ismail Habib Muhammad - 11 Oktober 2017

My respect to you Sir.

2. Amir hamzah - 11 Oktober 2017

Terimakasih Pak Agfi…
Semakin membesarkan hati kami yang sedang mencari hikmah di balik musibah…
Jika ini dusebut musibah…

3. ninol & gadis - 11 Oktober 2017

kuingat pesan almarhum seorang kepala sekolah madrasah aliyah negeri [man], beliau abah-ku: .. jadi-lah orang yang bermanfaat, tak usah menjadi orang hebat ..


Tinggalkan Balasan

