jump to navigation

Mengatasi dan Menyelesaikan Masalah! 9 Juni 2010

Posted by agfi68 in ikhlas, mindset, pendapatku.
Tags: , , , ,
trackback

Pagi ini seperti biasa, terbangun dengan secercah harapan menyambut hari dengan kebahagiaan, bukankah kebahagiaan itu adalah pilihan? Walaupun berbagai masalah sedang menghadang…

Sahabat…

Masalah hidup yang dihadapi setiap orang tentulah berbeda. Bahkan sesuatu yang dianggap masalah oleh seseorang belum tentu menjadi masalah bagi orang lain. Hal ini tergantung dari cara pandang (dan sekaligus keyakinan atau paradigma/cara pandang) orang bersangkutan melihat apa yang dialaminya.

Ada sebuah cerita menarik yang pernah saya ingat. Ada seorang pemuda yang sedang masygul diberi nasihat oleh seorang kakek berdasarkan perumpamaan sehari-hari. Si anak muda diminta untuk mengambil segelas air dan ke dalam air itu dimasukkan dua genggam garam. Lalu si pemuda tersebut diminta mencicipinya. Sudah tentu air itu akan terasa sangat asin. Kemudian si kakek mengajak pemuda itu ke danau dan meminta air garam itu dimasukkan ke danau. Kemudian si kakek meminta si anak mencicipi air danau. Rasa asin itu sudah hilang.

Masalah hidup ini pun sama seperti segenggam garam tadi. Rasa asin itu bisa berupa kesulitan, penderitaan yang dialami kita, atau masalah hidup lainnya. Nah, seberapa besar rasa asin itu dirasakan oleh kita sebagai penderitaan semuanya tergantung dari kebesaran hati dan keikhlasan kita. Jika hati kita hanya sebesar gelas, rasa asin akan terasa. Bila hati kita seluas danau atau bahkan seluas samudera tentunya kita hanya akan merasakan air yang tawar.

Maka selayaknya kita terus belajar dan memperluas wawasan kebijaksanaan kita, agar masalah yang datang bukan lagi dipandang sebagai penderitaan, tetapi bagian dari kehidupan yang memang harus kita jalani.

Semoga bermanfaat, amin!

Komentar»

1. ryan smc elins - 9 Juni 2010

pertamax..
wah bagus pak,,pencerahan yg cocok di pagi2 gini..
apalagi sy habis bgadang bikin laporan PKL..

agfi68 - 9 Juni 2010

wah luar bias mas Ryan, semoga sukses PKL-nya, amin!

2. Pandangan tentang MASALAH! « Jurnal Sang Dosen… - 11 Juni 2010

[…] uang, usaha trackback Jika pada artikel sebelumnya saya telah memberikan penjelasan tentang mengatasi dan menyelesaikan masalah, maka kali ini (dari websitenya Kang Zen) saya mendapatkan penjelasan lebih akurat tentang […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: