jump to navigation

Andapun Bisa Menjadi atau Mendapatkan Apapun yang Anda Inginkan! 28 April 2010

Posted by agfi68 in mindset, pendapatku.
Tags: , ,
trackback

napoleonhillNapoleon Hill (NH) pernah berkata bahwa, “Anda bisa menjadi apapun yang Anda inginkan, jika saja keyakinan Anda cukup besar dan tindakan Anda selaras dengan keyakinan Anda. Sebab apapun yang bisa diciptakan dan diyakini pikiran bisa dibuat menjadi kenyataan…” Saya tambahi, “Seijin Tuhan Yang Maha Kuasa“.

Well, ada yang berpendapat bahwa pernyataan tersebut bisa menimbulkan kesalah-pahaman jika tidak saya tambahi sebuah kalimat sederhana “Seijin Tuhan Yang Maha Kuasa”. Namun ada baiknya saya coba untuk memberikan penjelasan berkaitan dengan pernyataan atau statement dari NH tersebut.

Keyakinan Anda cukup besar!

Masalah keyakinan ini jelas gak bisa main-main. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa tidak ada orang yang sukses diawali dengan tidak yakin jika dirinya bisa sukses, iya gak? Jika Anda sudah berulang-ulang melamar pekerjaan kok gak kena-kena, padahal Anda sudah membekali diri dengan ‘senjata’ dan ‘amunisi’ yang lengkap, barangkali ada masalah besar dalam keyakinan Anda. Bisakah Anda menyusun suatu konstruksi positif tentang diri Anda di kepala Anda? Jika Anda mentargetkan ingin berkarir sebagai seorang direktur sebuah perusahaan, bisakah Anda bayangkan posisi yang Anda inginkan tersebut? Atau barangkali menjadi seorang penyanyi terkenal? Atau barangkali seorang penulis buku best seller? Atau pembicara handal? Dan seterusnya…

Kalau Anda sendiri tidak yakin, ya langkah selanjutnya jelas tidak punya landasan sama sekali! Anda akan mudah sekali goyah dan patah semangat. Tentu saja konstruksi positif itu paling gampang Anda bangun berdasar kompetensi Anda sendiri. Jika Anda sudah terbiasa berbicara di depan orang banyak, tentunya akan mudah membangun konstruksi positif tentang Pembicara Handal dan Profesional di benak Anda. Demikian juga jika Anda terlalu sering melamar pekerjaan, maka Anda sangat mudah untuk membangun konstruksi positif sebagai Pelamar Pekerjaan yang Handal, ha ha ha… iya gak? Ngaku saja… Lantas bagaimana jika kita ingin membangun konstruksi positif tentang sesuatu yang belum kita dapatkan kompetensi-nya, ya belajar donk! Simpel khan? Tingkat kemampuan dan ketrampilan dengan belajar dan belajar, kalo bisa lakukanlah dengan metode learning by doing yang selama ini juga saya terapkan dalam kelas-kelas pelatihan saya.

Sebagai contoh, saya punya mahasiswi (alhamdulillah sekarang sudah jadi alumni) yang awalnya sama sekali nol dalam bidang TA-nya, tapi buktinya, setelah sekian lama melakukan pengasahan diri, baik otodidak maupun terbimbing dengan saya dan rekan-rekannya, akhirnya dia bisa membangun konstruksi positif bahwa dia pasti bisa, bahkan, menguasai bidang TA yang dia kerjakan dan (alhamdulillah) sekarang sudah selesai.

Contoh lain, jika Anda ingin memiliki penghasilan 10juta/bulan (kok cuman dikit ya? Lha ini juga cuman contoh), maka yang perlu Anda lakukan adalah merasakan bagaimana rasanya memiliki penghasilan 10juta/bulan, apa yang akan Anda lakukan? Bagaimana perilaku Anda jika memiliki penghasilan 10juta/bulan? Dalam hal ini belajarnya adalah belajar berperilaku selayaknya seseorang dengan penghasilan 10juta/bulan atau berapapun yang Anda inginkan.

Jadi, sekarang tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak bisa membangun konstruksi positif tentang diri Anda yang sukses kaya raya dunia akhirat! Iya gak…?

Tindakan Anda selaras dengan Keyakinan Anda!

Tidak mungkin rasanya Anda melakukan sesuatu jika Anda sendiri tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan. Jika Anda lakukan juga, itu namanya nekat! Keyakinan positif yang telah Anda bangun sebelumnya, tentu saja akan ter-realisir dalam perilaku maupun tindak-tanduk sehari-hari. Tidak ada orang sukses yang tidak memiliki perilaku positif orang-orang sukses, iya gak? Jangan bingung saya cuman membolak-balikkan kata! Ingat contoh terakhir yang saya berikan sebelumnya, menirukan perilaku orang-orang yang memiliki pendapatan tertentu.

Jika salah satu kebiasaan dari seorang Pembicara Handal & Profesional adalah sering melakukan pembelajaran, baik melalui buku, CD, menghadiri seminar, tentunya Anda juga melakukan hal yang sama. Jika salah satu kebiasaan atau tindakan orang yang kaya raya dermawan adalah banyak memberikan infaq dan shodaqoh, tentunya Anda juga akan melakukan hal yang sama untuk bisa menjadi orang yang kaya raya lagi dermawan. Jika salah satu kebiasaan dari Penyanyi ngetop adalah berlatih vokal setiap hari, tentunya Anda juga melakukan jika Anda ingin jadi penyanyi ngetop. Dan seterusnya…

Intinya, jika tindakan Anda selaras dengan keyakinan Anda, dan keyakinan Anda begitu kuat, maka Anda sudah memiliki 2/4 untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan, mendapatkan apapun yang Anda inginkan. Loch kok 2/4? Karena saya masih akan menerangkan 2 poin lainnya yang tidak kalah pentingnya untuk membuktikan pernyataan atau statement NH tersebut!

Bagaimana dengan perasaan Anda?!

Nah, kalo yang ini jelas sekali! Perasaan tidak akan menipu Anda sendiri. Setelah Anda memantapkan keyakinan hingga bisa membuat konstruksi positif tentang diri yang Anda inginkan dan tindakan-tindakan Anda benar-benar selaras dengan keyakinan Anda, sekarang saatnya menanyakan bagaimana perasaan Anda. Jika Anda masih merasa ada perasaan yang nggak enak, maka itu indikasi ada lagi dari bagian diri Anda yang belum atau mungkin untuk sementara tidak selaras dengan keyakinan dan tindakan. Inilah yang ada menyebutkan sebagai Mental Block (MB). Apakah mungkin dengan kondisi seperti itu Anda bisa mewujudkan apapun yang Anda inginkan? Tidak!

Lantas bagaimana melakukan penyelarasan antara perasaan, keyakinan dan tindakan? Tentu saja dengan melihat perasaan tersebut sebagai indikator, apakah strategi tindakan atau keyakinan selaras dengan nilai-nilai hidup Anda, maksudnya segala sesuatu dalam hidup Anda yang begitu penting dan sangat berpengaruh.

Misalnya, Anda sudah yakin sedemikian hingga bisa membentuk konstruksi positif dalam benak Anda sebagai pembicara handal dan profesional, apa yang Anda lakukan sudah mencerminkan Anda sebagai pembicara handal dan profesional, tetapi ada sesuatu yang mengganjal dalam perasaan Anda, cobalah untuk ‘berbicara’ dengan perasaan Anda mengapa bisa terjadi hal-hal yang megganjal seperti itu? Apakah ada keyakinan dan/atau tindakan yang memang menyalahi nilai-nilai kehidupan Anda?

Ada baiknya jika sejak awal Anda menyusun tujuan atau goal disesuaikan dengan gairah hidup Anda, Your Passion! Sehingga diharapkan tidak ada MB atau MB-nya minimal. Mengapa? Karena tindakan-tindakan yang selaras dengan gairah hidup gak ada matinya, tetap akan termotivasi dan semangat. Makanya jangan heran, ada orang-orang yang dengan sukarela membantu anak-anak berkelainan (maaf), karena memang karena mereka suka melakukannya. Jangan heran juga ada rekan-rekan mahasiswa dengan sukarela membantu teman-teman lainnya dalam belajar dan tutorial. Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang intinya mereka melakukan karena itulah hasrat, gariah atau passion dalam hidup mereka. Bagaimana dengan Anda?

Hanya atas ijin-Nya semata!

Inilah kekuatan yang tiada tara dari Yang Maha Kuasa, Yang Maha Besar! Apakah kita bisa tahu bahwa akhirnya kita bisa mewujudkan apapun yang kita inginkan dengan ijin-Nya atau barangkali tidak sama sekali? Ya tentu saja bisa, yang penting berdoa dan berusaha, diikuti dengan ikhlas (termasuk syukur) dan tawakal.

Jadi, jika akhirnya kita mengetahui apa yang kita inginkan tidak lagi bisa terwujud, maka itu artinya Tuhan belum atau tidak mengijinkan-nya. Kita masih punya harapan dengan keinginan atau lebih tepatnya kebutuhan-kebutuhan lainnya. Sehingga apapun yang terjadi, kita masih punya secercah harapan, karena Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi kita. Bukankah setelah mendung Matahari kan bersinar lagi??

Sukses untuk Anda!

Komentar»

1. Haris Istanto - 28 April 2010

Posting yang menarik, sukses untuk Anda.
Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru hari ini berjudul : “Analisa usaha cuci sepeda motor (lanjutan)”, serta artikel lain yang menarik, dan kalau berkenan mohon diberi komentar. Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: