jump to navigation

Behind the Scene Buku Pasti Ada Hikmahnya… 17 Maret 2010

Posted by agfi68 in Buku, DUIT.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

“Ini adalah buku yang mengherankan saya. Bagaimana mungkin seorang pakar di bidang elektronika & instrumentasi bisa merenung sedalam ini? Saya tak percaya jika yang menulis buku ini adalah Agfianto yang saya kenal. Mungkin karena usia, mungkin karena cinta, atau mungkin pula karena Agfianto memang selama ini menyembunyikan kedalaman nuraninya. Buku ini menurut saya menakjubkan” – Herman Sinung Janutama – budayawan penulis buku Pisowanan Alit.

duaaKeheranan dari sahabat saya ini sungguh beralasan, bagaimana tidak, saya biasa dikenal sebagai penulis buku-buku elektronik (semisal mikrokontroler, PLC dan lain sebagainya), tiba-tiba saja menulis dan menerbitkan buku tentang motivasi atau inspirasi kehidupan. Memang pada awalnya saya tidak punya rencana menuliskan catatan-catatan harian yang tercecer di dalam laptop saya, karena saya punya the big project untuk menerbitkan buku tentang The Power of D.U.I.T (Doa, Usaha, Ikhlas dan Tawakal).

Akhirnya setelah dipikir-pikir, ada baiknya catatan-catatan harian tersebut saya coba sharing di kelas-kelas kuliah, juga sebagian di BLOG ini sebagai awal dari penerbitan seri The Power of D.U.I.T tersebut. Hasilnya memang luar biasa, tidak sedikit terinspirasi sekaligus termotivasi dengan catatan-catatan harian saya tersebut.

Jadi awalnya cuman sharing. Jika saya ditanya apakah ada target menjadi buku BEST SELLER, tentu saja jawabnya TENTU SAJA, kalau toch akhirnya kemudian benar-benar menjadi BEST SELLER, jelaslah itu karunia Alloh yang tiada tara buat saya dan keluarga saya. Bahkan saya juga berani sejak awal untuk memberikan 50% royalti dari buku ini untuk kepentingan infaq dan shodaqoh. Mengapa hanya 50%? Kok gak sekalian 100%? Yah namanya juga manusia masih butuh duit lach, jujur saja…

Kembali pada alasan dituliskan dan diterbitkan buku Pasti Ada Hikmahnya, awalnya dari sharing di kelas, ngobrol-ngobrol, diskusi, akhrinya saya tuliskan kembali sebagian dari tulisan-tulisan atau tepatnya perenungan-perenungan tersebut menjadi sebuah buku. Kalau saya tuliskan semua tentu saya tidak bisa bayangkan berapa tebalnya, sehingga saya masih punya kesempatan untuk menulis seri berikutnya, dalam waktu dekat, termasuk buku tentang kekuatan Doa, Usaha, Ikhlas dan Tawakal, Insya Alloh.

Jujur saja, selama saya menulis catatan-catatan harian tersebut, tidak mudah untuk menemukan hikmah atau pelajaran di bali setiap peristiwa, seringkali sebuah catatan harus saya pending (belum rampung nulisnya), gara-gara saya belum menemukan hikmah atau pelajarannya. Tentu saja ada juga cerita-cerita inspiratif yang daya peroleh dari milis-milis yang saya ikuti saya masukkan juga dalam buku tersebut dengan tujuan sama yaitu sharing pengalaman dan perenungan. Intinya sejak awal harus dibangun KESADARAN DIRI agar selalu mengingat bahwa suatu saat nanti akan jelas hikmah atau pelajaran atau benang merah-nya.

Ingat bahwa DOA sejak awal harus diikuti dengan keyakinan dan memantaskan diri. Maksudnya? Jika kita berdoa agar diberikan penghasilan 10juta per bulan, apakah Anda yakin bisa menghasilkan? Apakah Anda bersedia melakukan usaha-usahanya, khususnya usaha-usaha yang terinspirasi? Apakah Anda merasa pantas atau berusaha untuk memantaskan diri sebagaimana layaknya orang berpenghasilan 10juta per bulan?

Sebagai contoh, saat saya memanjatkan doa untuk mendapatkan kemudahan solusi atas permasalahan yang saya hadapi. Di suatu malam saya tergerak untuk mampir ke toko buku. Buku yang memang saya rencanakan beli ternyata tidak ada sama sekali, okey, seperti biasanya, saya lihat-lihat koleksi buku di toko tersebut hingga akhirnya menemukan sebuah buku (baru) ditulis oleh seorang yang juga sebelumnya telah menginspirasi saya lewat buku-buku sebelumnya. Entah kenapa, hati tergerak untuk membeli, alhamdulillah ada rejeki untuk membeli. Sesampainya di rumah, hampir-hampir saya meneteskan air mata, karena sebagian solusi-solusi atas permasalahan saya ada di buku tersebut, subhanalloh walhamdulillah…!

Inilah salah satu yang saya angkat dalam buku saya Pasti Ada Hikmahnya…!

Jika ditanya adakah artikel atau tulisan favorit dalam buku tersebut? Tentu saja ada, yaitu The Power of D.U.I.T itu sendiri, dimana dalam buku tersebut saya menerangkan secara sekilas, karena memang akan ada buku tersendiri yang membahas secara panjang lebar. Konsep The Power of D.U.I.T inilah yang beberapa tahun belakangan ini saya coba terapkan dalam kehidupan pribadi dan keluarga, hasilnya? Sungguh luar biasa, menghadapi berbagai macam kesulitan hidup menjadi lebih siap, lebih sabar dan ikhlas dibandingkan sebelumnya. Sungguh ternyata solusi itu ada di depan mata kita, sudah diutarakan dalam setiap pengajian, setiap taushiah, setiap nasehat dan lain-lain yang kita dengarkan, hanya saja kita terlalu bodoh untuk memahami dan menerapkannya.

Semoga bermanfaat… amin! Klik pada The Power of D.U.I.T untuk mendapatkan informasi lebih detil, terima kasih!

Komentar»

1. akbarulhuda - 29 Maret 2010

Membanggakan. Semoga menjadi teladan untuk mahasiswa2nya.

2. Iqmal - 18 Januari 2011

sippp pak… semoga terus mengalir karya2 selanjutnya…


Tinggalkan Balasan

