jump to navigation

Tugas Akhir dan Suster Ngesot 4 Februari 2018

Posted by agfi68 in mindset.
Tags: , , , , ,
add a comment

Yup… tidak ada yang salah dengan judul tulisan saya kali ini. Perhatikan saja postingan FB saya di gambar sebelah yang saya kutip berikut ini..

Filosofi “suster ngesot” saya jelaskan tadi saat jadi moderator seminar mahasiswa S3 Ilmu Komputer… jangan sekali-kali pake filosofi “pocong”… perhatikan saja cara geraknya… ngesot vs lompat… untuk diterapkan saat mempertahankan semangat menyelesaikan disertasi… [FB Agfianto, 31 Januari 2018, 13:20 WIB]

Mengapa saya menggunakan analogi “suster ngesot” bukan “pocong” atau “kuntilanak” atau apa gitu. Yang jelas analogi menggunakan hantu made in Indonesia, so jangan harap saya pake filosofi “vampire” atau “drakula” atau “zombie”, hehehe…

(lebih…)

Iklan

Nrimo ing Pandum… 5 Desember 2017

Posted by agfi68 in ikhlas, mindset.
Tags: , , ,
add a comment

Weladalah!

Ada apa ini, setelah sekian lama absen nulis blog, tiba-tiba saja saya bikin judul seperti ini? Apa maksud dari “Nrimo ing Pandum”, bukankah itu salah satu falsafah Jawa? “Nrimo ing Pandum” kalau dibahasa-Indonesia-kan secara bebas menjadi “Menerima Segala Pemberian” dalam segala perjalanan kehidupan…

Untuk nglakoni falsafah Jawa ini ternyata tidak semudah mengucapkan… cukup berat… bahkan sangat berat… saya belajar melakukan-nya bukan sehari semalam, bukan sehari dua hari, bukan seminggu dua minggu, bukan sebulan dua bulan… namun bertahun-tahun… dan itu semua tidak mudah dilakukan, tapi tetap harus saya jalani…

Mengapa harus saya jalani falsafah ini… ya jujur saja… sudah seringkali saya mengalami, misalnya, uang tabungan bisa seperti roller coster… naik seperti roket… dan kemudian menurun dengan drastis… begitulah seterusnya… permasalahan muncul silih berganti.. satu selesai… muncul berikutnya… begitulah seterusnya… hal ini membuat saya banyak mengikuti segala macam petunjuk2 dari buku (hahaha harusnya dari Quran dan Sunnah ya), mengikuti kegiatan seminar terkait, mempraktekkan yang diajarkan dan seterusnya… ya memang ada perubahan… namun tidak terlalu signifikan… dan itu membuat saya menjadi kelelahan dan tidak sepenuhnya menikmati perjalanan kehidupan yang seharusnya indah ini…

(lebih…)

Terima kasih (mas) Dwi Hartanto! 10 Oktober 2017

Posted by agfi68 in mindset.
Tags: , ,
3 comments

Yogyakarta, 10 Oktober 2017

Heboh saat ini media massa menyoroti sosok Dwi Hartanto dengan segala tipu daya-nya (baca “Kronologi terbongkarnya kebohongan Dwi Hartanto ‘ahli dirgantara’“). Saya mengenal yang bersangkutan (DH) sekitar tahun 2009 dalam acara INSPIRE Workshop, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan lainnya terkait dunia satelit, khususnya di Indonesia. Begitu bangga-nya saya saat itu punya kolega yang masih berusia muda namun prestasinya sungguh memukau. Bahkan dalam banyak kesempatan saya dan DH banyak berdiskusi hal-hal terkait teknologi dan kemandirian Satelit Indonesia, sungguh itu salah satu yang membuat saya (khususnya) bersemangat dalam mengerjakan proyek dan penelitian satelit di Indonesia, mewakili UGM tentunya.

Sempat juga kami (saya dan senior saya bapak Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc.) menawari DH untuk menjadi dosen di Program Studi S1 Elektronika dan Instrumentasi (ELINS), namun saat itu (sekitar awal 2016), DH masih pikir-pikir dulu karena, ngakunya, ditawari 2 perusahaan besar (Boeing dan satu lagi saya lupa) di Jerman sementara DH sendiri, ngakunya, beberapa bulan kedepan akan ujian disertasi. Bahkan kami tawarkan alternatif agar DH masuk dulu sebagai dosen ELINS dengan Ph.D-nya kemudian melakukan postdoc dan kerjasama dengan TU-Delft atau salah satu perusahaan yang dia sebutkan itu… namun lagi-lagi… “saya pikir2 dulu ya pak Agfi, pak Tri…”… Oke-lah kalo berubah pikiran atau sudah ada keputusan silahkan hubungi kami segera. Ahirnya beberapa bulan hingga akhir 2016 tiada kabar dan tiba-tiba saja sudah banyak media massa mengabarkan kehebatan, luar biasanya, dahsyat-nya DH dengan berbagai prestasi-nya… saya pun (terus terang) ikut senang, bangga dan berbinar-binar saat itu…

Sampai beberapa saat yang lalu, sebelum heboh di media sosial dan media massa, tiba-tiba saja ada masuk pesan WA dari kolega saya yang intinya ada CV dari DH yang perlu diklarifikasi oleh saya atas permintaan temen2 PPI TUDelft saat itu… Cukup kaget saya membaca CV tersebut, karena sudah terlihat kebohongan2 DH… namun saat itu saya tidak berpikir yang macem-macem terkait kebohongan DH, hanya sebatas CV tersebut, saya kecewa… apalagi kemudian selanjutnya saya mendapatkan WA terkait artikel “Surat Terbuka Tentang Ilmuwan Indonesia“… hmmm makin kecewa-lah saya…

Hingga kemudian BOOM! Terjadilah heboh pemberitaan terkait dengan kebohongan2 yang dilakukan DH… Wow! Baru kali ini saya kena tipu tingkat internasional? Hmm apakah saya menyesal mengenal DH? Oooo tentu saja tidak…

(lebih…)

Kembali kepada kita-nya..! 28 April 2017

Posted by agfi68 in DUIT, mindset.
Tags: , , , ,
add a comment

Banyak di luar sana berbagai macam buku, pelatihan, seminar, talk-show dan lain sebagainya yang terkait dengan topik PEMBERDAYAAN DIRI, dengan berbagai macam nama, teknik maupun metode… Dengan berbagai macam iklan yang begitu menggoda, begitu sugestif, bahkan ada yang berani memberikan jaminan uang kembali, garansi total, bahkan tak jarang dengan memberikan bonus-bonus yang nilainya bisa mencapai sekian kali lipat dari biaya pelatihan-nya sendiri…

Bukan hal yang baru dan, menurut saya, cenderung bikin kita malah tambah bingung dst…

Mengapa?

Ya coba bayangkan saja, berapa banyak yang berhasil? Berapa banyak kemudian berubah perilakunya? Berapa banyak yang mengalami pencerahan? Berapa banyak yang kemudian kembali lagi ke perilaku lama, yang tidak memberdayakan? Berapa banyak yang kemudian hidupnya stagnan, tanpa perkembangan sama sekali, gitu-gitu saja? Berapa banyak yang semangat-nya kembali kendor? Berapa banyak yang sekedar mendapatkan “having fun” ikut pelatihan? dan masih banyak lagi pertanyaan yang bisa diajukan…

Intinya apa?

Karena jelas intinya PEMBERDAYAAN DIRI, dan tentu saja sumber aslinya ada di dalam diri kita masing-masing. Ini seperti yang pernah saya alami sekian puluh tahun yang lalu, beli buku-buku motivasi, ikut pelatihan2 motivasi dan pemberdayaan diri dan masih banyak lagi… Lantas apa yang saya peroleh…? Hampir nothing! Dan semoga ini tidak terjadi pada kehidupan Anda… semoga Anda selalu berlimpah kesehatan dan rejeki… aamiin…

(lebih…)

Bukan meraih impian tapi menghadapi kenyataan! 25 April 2017

Posted by agfi68 in DUIT, mindset.
add a comment

Judul ini tidak mengada ada.. bener…!

Bukannya punya impian gak boleh.. Bukan..!
Bukannya meraih impian gak boleh.. Bukan..!

Tapi “menghadapi dan menerima kenyataan” menjadi hal yg sangat penting dalam perjalanan kehidupan ini..

Dengan menerima kenyataan maka kita bisa menikmati setiap langkah kehidupan.. Maksudnya perjalanan mewujudkan impian? Haha.. Ya belum tentu.. Bisa jadi justru mewujudkan hal hal yg tidak terpikirkan sebelumnya, apalagi mengimpikannya..

Yach… seringkali kita terjebak dengan segala macam motivasi meraih impian, meraih cita-cita dan seterusnya. Seringkali kita malah melupakan perjalanan-nya… prosesnya… Bahkan gara-gara ingin meraih impian dilakukan-lah segala macam cara, tidak peduli halal atau haram, tidak peduli apakah yang dilakukan merugikan orang lain atau bermanfaat bagi orang lain, demikian seterusnya.

Lantas esensinya apa kalo gitu??

Harusnya bisa belajar dan menjadi lebih baik.. 10 Juli 2016

Posted by agfi68 in mindset.
Tags: , , ,
add a comment

imagesTelah usai bulan puasa 1437H… Tiga puluh hari menahan diri, menahan nafsu, berpuasa… Lantas apakah aku akhirnya bisa meraih ‘kemenangan’? Sebagaimana dalam firman-Nya? Al Baqarah (2) ayat 183…

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Kenyataan-nya bagaimana?

Barangkali kita memang tidak bisa belajar dari aktivitas berpuasa itu sendiri… Hanya sekedar menjalankan suatu kewajiban, yang barangkali justru sebanarnya terasa memberatkan, menyebalkan, menjengkelkan, dan seterusnya… namun yach… Terpaksa dilakukan… Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, terasa hambar…! Tidak ada rasa semangat berpuasa yang menyenangkan, karena hanya sekedar menjalankan kewajiban semata… Apakah yang demikian akan kita raih ‘kemenangan”…?

Saat santap sahur…

Tujuan-nya jelas…. Menyiapkan badan ini agar siap menjalankan ibadah puasa selama sekian puluh jam kedepan… Namun apa yang terjadi? Apa yang kita makan dan minum saat sahur? Lebih karena memenuhi unsur-unsur gizi untuk tubuh atau malah menuruti hawa nafsu lidah ini…? Sehingga justru kondisi buruk yang terjadi, baik saat menjelang shalat subuh, bahkan bisa sepanjang hari… Bukankah berpuasa itu merupakan ibadah komprehensif? Menyeluruh? Termasuk belajar untuk menundukkan nafsu lidah…

Makan sahurlah kalian, karena pada sahur itu ada barokah. (HR. al-Bukhari & Muslim).

Sahur itu seluruhnya adalah barokah, maka itu janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya dengan seteguk air. (HR. Ibnu Hibban dan ath-Thabrani).

(lebih…)

Yang Sakinah, mawaddah wa rahmah…. 4 Maret 2016

Posted by agfi68 in ikhlas, mindset.
add a comment

“Di antara tanda-tanda (kemahaan-Nya) adalah Dia telah menciptakan dari jenismu (manusia) pasangan-pasangan agar kamu memperoleh sakiinah disisinya, dan dijadikannya di antara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum:21)

SAKINAH MAWADDAHSakiinah itu… tenang, tentram…
Mawaddah itu… cinta, harapan…
dan Rahmah itu… kasih sayang…

Begitu doa yang diucapkan handai taulan, sahabat, rekan saat pernikahanku…

Aamiin yaa Robbal’alamiin…

Jujur saja… kondisiku saat itu belum terbilang 100% mapan… masih bekerja di “luar negeri” alias swasta dengan gaji lumayan alias cukup… alhamdulillahirobbil’alamiin…

Sementara itu…

Waktu berjalan dengan begitu cepat, akhirnya istriku hamil putri pertama…
dan luar biasanya…
pada saat kehamilan berjalan bulan ke 3 seingatku…
aku dipecat! ya dipecat tanpa alasan yang jelas!
(tapi sebenarnya aku tahu, karena perusahaan sedang mengalami kebangkrutan..)

tiada berani aku mengabarkan pemecatan diriku kepada istriku…
setiap hari masih saja aku pamit bekerja…
bekerja dalam arti mencari pekerjaan…
kesana kemari….

ya alhamdulillah akhirnya ada saja rejeki-Nya dalam bentuk apapun itu…
termasuk pekerjaan serabutan…

(lebih…)

Memutuskan Reaksi Berantai! 8 Desember 2015

Posted by agfi68 in mindset, pendidikan.
1 comment so far

Jika mendengar istilah “reaksi berantai” atau dalam bahasa asingnya “chain reaction”, maka tidak salah jika kemudian pikiran kita melayang pada pelajaran kimia, nuklir dan seterusnya. Namun saya tidak akan membahas masalah reaksi berantai yang terkait dengan hal-hal tersebut…

Perhatikan ilustrasi berikut ini….

Seorang mahasiswa sedang mengerjakan tugas akhir (TA) dengan semangat yang luar biasa…. hari berganti hari, minggu berganti minggu… hingga suatu saat ada masalah yang termasuk sulit untuk dicari solusinya… hasil diskusi dengan dosennya saat itu sebenarnya sudah mendapatkan sedikit pencerahan untuk mengatasi masalah tersebut, hingga beberapa hari kemudian mentok (lagi)… mahasiswa tersebut tetap berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri, rasanya JAIM (jaga image) jika harus diskusi lagi dengan dosennya… begitu seterusnya hingga berhari-hari… sama sekali tidak ada jalan keluar… mentok (lagi)…!

SMS dari dosen-nya pun masuk menanyakan kabar progress bagaimana?? Tapi dia ragu menjawab… alih-alih berusaha menemui dosen-nya… dia larut dalam kesuntukan cari solusi… akhirnya dia putuskan untuk cari hiburan dulu… kebetulan ada tetangga minta dibuatkan toko online, dan kebetulan lagi dia termasuk ‘ahli’ soal begituan… jadi dech dapet proyek yang sebenarnya tidak seberapa, namun daripada suntuk, dia putuskan untuk kerjakan proyek itu dulu… baru nanti dia coba lagi cari solusi untuk TA-nya…

Demikian hal tersebut berlanjut… puasnya tetangga akan hasil toko online mengakibatkan mahasiswa tersebut akhirnya mendapat pesanan yang lain… kemudian yang lainnya lagi… kemudian tambah lagi yang lain… dan hitungan income-nya sudah bisa dipake beli motor cash! Demikian seterusnya sehingga mahasiswa tersebut “lupa” dengan TA-nya, mau mengerjakan kembali… teringat masalah yang belum selesai… eh malah ada proyek dengan bayaran yang menggiurkan… demikian seterusnya…

Semester sudah berganti, sementara TA-nya tidak bergerak sama sekali, tidak ada kemajuan, mandeg… masalah yang harusnya dicari solusi-nya sudah terlupakan… dosen pembimbing-nya bahkan sudah ‘menyerah’ karena tidak merasa mampu memberikan motivasi… sementara itu mahasiswa yang bersangkutan sampe lupa harus mengurus registrasi semester, dan menghadapi aturan kedisiplinan dari fakultas… sementara di prodi ada ketentuan TA yang dikerjakan lebih dari satu semester untuk perpanjangan harus disertai progress report yang ditanda-tangani dosen pembimbing… mahasiswa tersebut sudah malu… takut untuk bertemu dengan dosen-nya… ingin minta tanda tangan selalu ditunda-tunda… begitu seterusnya…

(lebih…)

Terlalu Mudah menilai… 27 November 2015

Posted by agfi68 in mindset.
add a comment
Bersyukur itu… jangan selalu dengan acuan duit… duit… duit… duit dst… kesehatan juga perlu disyukuri… keberuntungan dalam bentuk apapun juga perlu disyukuri dan seterusnya… khususnya lagi adanya keimanan dan ketakwaan dalam diri…
Bisa jadi driver yang memilih menolak penumpang di suatu pagi hari itu karena sedang dalam kondisi capek karena seharian sebelumnya benar2 dalam kondisi menjemput setoran untuk menafkahi istrinya yang mungkin sedang sakit… atau barangkali anaknya yang SPP-nya sudah jatuh tempo… ditambah lagi bisa jadi tahajudnya luar biasa… dan pagi itu sedang bisa jadi tetap berusaha untuk menjemput rejeki… dia menolak mungkin karena duitnya sedikit dan tidak seimbang dengan capek nya dia… dst dst…
 
Atau barangkali seseorang yang belum ‘sempat’ maju ujian tugas akhirnya karena hal-hal yang bersifat non-teknis yang cukup menganggu dan memerlukan solusi yang prioritas dalam kehidupan-nya lebih tinggi dari ujian TA-nya… padahal dosen-nya pun barangkali sudah dengan rajin selalu menagih… kapan? kapan?

(lebih…)

SCOPUS: makhluk motivator aneh! 14 November 2015

Posted by agfi68 in mindset.
Tags: , ,
add a comment

Makhluk yang bernama SCOPUS menjadi trend akhir2 ini di kampus (artikel ini saya tulis di Nopember 2015), ada yang menanggapi secara kurang bersahaja, biasa-biasa saja, bahkan tidak sedikit menanggapi dengan sangat antusias…

Lha ya kan kata MOTIVATOR bahwa segala kejadian NETRAL adanya… tingal kita masing-masing punya arti yang bisa berbeda-beda atau sama tergantung pengalaman kehidupan pribadi masing-masing…

coba gini misalnya… ada peluang dari kampus kalo diterima oleh makhluk SCOPUS dapet mengajukan insentif 10juta untuk tiap judul… lha kalo setahun bisa produktif, gak usah banyak2, 10 paper… ya asiik banget khan… jelas mungkin akan ada banyak dosen yang berlomba-lomba untuk menghasilkan paper diterima SCOPUS, mereka berusaha MERAIH penghargaan atau reward tersebut… lumayan 10 juta!

(lebih…)